Tugas Membuat Abstrak

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada music video "Wonderland Indonesia"

 

Abstrak:

 

Music video merupakan salah satu media yang dapat menyampaikan sebuah pesan berbentuk audio visual. Salah satunya adalah music video "Wonderland Indonesia" karya Alffy Rev. Dalam music video tersebut keindahan dan keberagaman budaya Indonesia ditampilkan. Penelitian ini mengkaji pesan nasionalisme yang terdapat pada music video "Wonderland Indonesia" chapter 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah mengggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand De Saussure yang memuat visualisasi dari sebuah Musik Video “Wonderland Indonesia” untuk di dalami dengan memuat makna dari tanda dan petanda. Analisis ini memuat kesimpulan dari ciri-ciri kebudayaan yang ada di setiap scene, pendekatan ini dirasa cocok menjabarkan informasi yang tersirat dalam Musik Video tersebut melalui unsur kebudayaan dan tanda yang tersirat di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pesan nasionalisme pada music video  "Wonderland Indonesia" chapter 1.


Musik Video ini banyak memperlihatkan kebudayaan dan di unggah untuk memperingati HUT RI-76. Video Musik ini diciptakan Alffy Rev untuk memperkenalkan kembali budaya Indonesia yang mulai ditinggalkan anak-anak muda Indonenesia sebagai bagian dari dedikasi dan untuk memunculkan kecintaan terhadap kelestarian budaya yang ada di Indonesia.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah Musik Video “Woderland Indonesia By Alffy Rev” memiliki pesan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai budaya indonesia, semangat, pantang menyerah dan tidak melupakan jasa para pahlawan dan buaya yang diwariskan dari leluhur sebagi bentuk menghargai budaya sebagai legasi yang dijaga. Musik Video ini juga memperkenalkan buadaya Indonesia terhadap mancanegara sebagai bagian nilai jual Indonesia dan juga keindahan yang ada didalamnya. Musik Video ini memuat banyak (tanda/sign) diantaranya sebuah budaya yang merepresentasikan sebagai nilai yang abstrak, (penanda/signifier) sebagai nilai keindahan dari aspek kebudayaan yang ditampilkan dari beragam budaya dan scene didalam Musik Video tersebut serta(petanda/signified) budaya sebagai aktualisasi diri terhadap nilai warisan budaya. 


Kata kunci: pesan, nasionalisme, semiotika, wonderland Indosesia


Sayyida Nafisa - 202146500710

Febrian Koto - 202146500741


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos, Metafora, dan Metonimi pada video musik "Wonderland Indonesia"

Review Jurnal

Pengalaman Estetis Terkait Lagu Dere - Kota